Resep Telur Asin Khas Sidoarjo

Resep Telur Asin Brebes Khas Sidoarjo

Telur Asin Khas Sidoarjo

Bahan-bahan:
  • 10 butir telur bebek
  • 10 sendok makan garam
  • 1 liter air
Cara Membuat:
  1. Bersihkan telur bebek dengan sikat atau gosok sampai bersih. Kemudian simpan dalam wadah untuk memeram telur bebeknya.
  2. Tuangkan air ke dalam wadah tersebut dan taburi garam. Aduk sampai merata sampai menjadi larutan
  3. Tutup rapat wadahnya, dan simpan di tempat yang kering
  4. Jika ingin telur dengan kadar keasinan yang rendah bisa disimpan kurang lebih satu minggu, untuk keasinan sedang disimpan dua minggu dan jika ingin sampai kuning telur keluar minyaknya atau masir, simpan selama 3 minggu. Tergantung selera Anda.
  5. Kemudian rebus telur tersebut.
  6. Telur asin siap untuk dijadikan lauk.
Meskipun telur asin pada umumnya dibuat dari bahan baku telur bebek atau telur itik, Anda juga bisa membuat olahan ini dengan telur lainnya. Seperti telur ayam dan telur puyuh, patut sekali dicoba bukan. Karena sejauh ini masih belum ada telur ayam asin dan telur puyuh asin. Anda bisa berkreasi dengan resep telur asin khas Sidoarjo untuk mengolahnya. Ini adalah salah satu cara supaya Anda tidak dicurangi oleh penjual telur asin. Biasanya orang yang menjual telur asin mencurangi kita dengan cara menyuntik telur tersebut dengan bahan kimia. Tujuannya memang supaya telur lebih awet. Kadang ada juga telur asin yang sudah busuk disuntik agar bau dan rasanya bisa seperti telur asin yang baru. Andapun harus waspada dengan hal itu.

Itulah Resep Telur Asin Khas Sidoarjo. Nantikan resep-resep lainnya dan jangan lupa untuk tetap berkreasi dengan hidangan Anda. Salam koki! 

Semoga Resep kami bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah berkunjung di resep-khas-nusantara.blogspot.com silahkan untuk mencoba resep lainnya.

0 komentar:

Post a Comment